Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

flagcounter

histats

Google Website Translator Gadget

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
niddta chochobi
Lihat profil lengkapku

Pengikut

RSS

Pages

kesehatan

KANGKUNG ATASI SEMBELIT DAN MENGUSIR RACUN



Kangkung berasal dan India, lalu menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia, dan Afrika. Di China, kangkung dikenal dengan nama wengcai. Di Eropa, kangkung disebut swamp cabbage, water convovulus,atau water spinach. Sementara di Indonesia, kangkung bisa ditemukan di hampir seluruh daerah.
Kangkung merambat di lumpur dan tempat-tempat yang basah, seperti di tepi kali, rawa-rawa, atau terapung di atas air. Umumnya kangkung ditemukan di dataran rendah hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Kangkung terdiri atas dua jenis, yaitu kangkung darat dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat berbunga putih bersih. Perbedaan lainnya pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar dari pada kangkung darat. Warna batangnya juga berbeda.
Kangkung air berbatang hijau, Sedangkan kangkung darat putih kehijau-hijauan. Lainnya, kebiasaan berbiji. Kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air, itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.
Kangkung dapat dibuat menjadi aneka hidangan, seperti tumis kangkung, cah kangkung, atau lalap. Selain itu, kangkung juga berkhasiat sebagai anti racun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan.
Tanaman kangkung masuk dalam kelompok tanaman penyembuh ajaib. Kangkung dianggap sebagai pengusir racun dan tubuh. Tanaman ini juga dipakai untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka yang sedang melakukan diet. Akar kangkung juga berguna untuk mengobati penyakit wasir.
Kangkung ternyata juga memiliki manfaat sangat tinggi. Itu karena mengandung vitamin A, B1, dan C, juga mengandung protein, kalsium fosfor, besi, karoten, hentriakontan, sitosterol.

ATASI DIARE DAN SEHAT KAN RAMBUT DENGAN KEMIRI


Kemiri termasuk bumbu dapur yang banyak dicari karena memberi manfaat bagi kehidupan selain untuk pelezat masakan. Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan Sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Minyak yang dihasilkan dan bijinya berguna bagi industri dan digunakan sebagai bahan campuran cat dan dikenal sebagai tung oil.
Di balik permukaan daging kemiri yang berprofil, tersimpan manfaat yang sangat besar bagi rambut. Perawatan rambut dengan bahan alami dan kemiri membuat rambut sehat, tebal, dan kemilau. Biji yang terdapat di dalamnya juga memiliki lapisan pelindung dan mengandung minyak cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.
Adapun manfaat kemiri lainnya ialah untuk:
1. Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia dan juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri sedikit beracun ketika mentah.
2. Kemiri sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan bersama sayuran dan nasi.
3. Beberapa bagian dan tanaman ini sudah digunakan dalam obat-obatan tradisional di daerah pedalaman. Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut). Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Sumatra, bijinya dibakar dengan arang, lalu diolesi di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Di Jawa, kulit batangnya digunakan untuk diare atau disentri.
4. Di Hawaii, pada masa kuno, kemiri yang dinamai kukui dibakar untuk menghasilkan cahaya. Kemiri disusun berbaris memanjang pada sebuah daun palem lalu dinyalakan salah satu ujungnya, dan akan terbakar satu demi satu setiap 15 menit atau lebih. Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu. Misalnya, seseorang bisa meminta orang lain untuk kembali ke rumah sebelum kemiri kedua habis terbakar.
5. Kemiri bisa dibakar dan dicampur dengan pasta serta garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona adalah bumbu masak utama untuk membuat hidangan tradisional Hawaii.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar